Solo Travel; Malang dan Yogyakarta

"Mas kapan ke Semarang?
"Tanggal 12 Agustus, Pak"
"Kok lama banget?"
"Yaudah, lusa mas berangkat"

Sedikit percakapan diatas yang membuat gua pergi ke Semarang lebih cepat. Harusnya gua bisa ke Semarang setelah 17 Agustus, namun apa daya, bapakku yang sudah menginginkan anak pertamanya ini untuk merantau kembali...

Sooo, I refund my ticket. Nambah 100 ribu, tapi ga masalah dibanding gua beli tiket baru yang jauuuuuh lebih mahal. Iseng-iseng aja sekalian gua beli tiket untuk ke Malang. Bukan iseng juga sih, emang pengen tapi ga pengen-pengen banget. Jadi gua beli tiket ke Semarang, kemudian beli tiket ke Malang satu hari setelah sampai di Semarang, dan beli tiket pulang ke Jogja. Mungkin lo anggap gua hedon, yaa ga gitu juga sih, ini duit jalan-jalan sebagian besar dari usaha gua mengembangkan duit. ceileh. Jadi gua deposit bitcoin, ditambah uang dari MAN 2 Serang karena gua bantu-bantu sedikit di acara Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS). Kebetulan juga tiket Malioboro Express yang kelas eksekutif lagi diskon jadi 70 ribu. Hehe.

Jadiiii setelah sampai di Semarang, besoknya gua langsung berangkat ke Malang, naik kereta, sendirian.

Sampai di Malang sekitar jam 3 pagi, dijemput 2 ojek pribadi-- Tama dan Ojan. Gua, yang ga pake helm pun tidak merasakan adanya kepala gua. Dingin banget. Iya kampungan iya. Soalnya di Semarang itu paling dingin 24 derajat celcius, sedangkan pas gua dateng itu sekitar 16-18 derajat celcius.

Di Malang gua numpang tidur di kontrakan anak-anak Kamanda Malang. Enaknya jadi anggota Kamanda, setiap kalian berkunjung ke daerah yang ada alumni anak MAN 2 Serang, pasti disambut ramah. Bagaimanapun caranya.

Dua hal yang ga gua lupain sewaktu di Malang adalah pertama kalinya gua buang air di atas bukit, jam 3 pagi. Menggigil. Banget. HAHAHAHAHA.

Hal selanjutnya adalah ketika gua diajak untuk menikmati sunrise di Penanjakan Bromo-Tengger-Semeru. Pertamakalinya gua liat sunrise dari atas gunung. Indaaaaaaaaaaaah banget. Lebih indah dari kamu. Iya, kamu. Kamu ga ada apa-apanya loh dibanding sunrise dari atas gunung. Walaupun rame banget, dan banyak turis asing juga. Tapi perjuangan keatas penanjakan itu memberi kenangan lebih buat gua.

Jadi ceritanya gini, gua sewa motor di deket kostnya Pip, karena emang kita kurang 1 motor. Alhamdulillah gua dapet motor H0nd4 Be4T yang masih baru. Mulus banget dah. Nah karena emang gua excited banget, kita bawa motor itu untuk ikut ke penanjakan. Kami berangkat jam 12 malem lebih dikit, kebetulan juga Arema lagi ulang tahun jadi banyak banget suporter Arema pada konvoi dan long-march juga.

Awalnya semua berjalan lancar. Sampai suatu saat ketika kami sudah sampai di Pelataran Bromo, gua ngga ngelihat kalau jalanan disitu banyak pasir dan kerikil, jadi agak licin gitu. Pas gua mau nge rem, karena tangan kiri gua ga pake sarung tangan, gua ga ngerasain tangan kiri sama sekali--kaya beku gitu. Akhirnya gua rem mendadak dan terpeleset disitu. Luka kecil sih, cuma motornya itu jadi lecet-lecet :')

Motor baru men
Dapet minjem
Terus gua lecetin
Hehe.

Kami sampai di view point sekitar 15 menit sebelum subuh. Karena gua pengen cuci lukanya, jadi sekalian aja wudhu untuk salat subuh. Brrrr dingin sumpah kaya air es yang biasa gua minum di burjo. Tapi hebatnya lukanya langsung kering gitu. Alhamdulillaaah. Belakangan gua baru tahu kalau suhu waktu itu 9 derajat celcius...........

Biasa lah sambil nunggu sunrise kita foto-foto dulu dengan gaya anak gunung kan foto pake kertas. Tapi tenang, kertasnya kami bawa pulang, jadi kami ga meninggalkan apapun disitu kecuali jejak dan kenangan. ceileh.
Sempat live Instagram juga, walaupun yang nonton cuma 2 orang huehehe. Heran deh, diatas gunung sinyalnya masih 4G....

Karena emang kami nanjak waktu hari Jumat, jadi ga bisa lama-lama karena harus Jumatan juga. Akhirnya kami turun sekitar jam 10 pagi, langsung balik ke arah Malang sambil cari-cari masjid juga.
Di jalan agak sedikit kurang konsentrasi karena emang pada ngantuk, jadi kami ga berani bawa ngebut juga.

Sampai di kontrakan Kamanda, langsung beres-beres dan tidur siang, bangun lagi sebelum maghrib dan gua harus packing karena besok paginya ke Jogja..

Di Jogja ga banyak cerita juga sih karena emang ga ada cerita bagus. Gua cuma menikmati suasananya aja karena emang gua sempet stay di Jogja sekitar 1 bulan, jadi sekalian mengenang masa-masa perjuangan sebelum gua dapet Undip. Entah kenapa ada yang beda dengan Jogja dibanding kota-kota lain yang pernah gua kunjungi, mungkin karena panggilan hati ya, bisa jadi karena leluhur gua juga asli Jogja (dan Solo). Feel like home.

INI BEBERAPA FOTO-FOTO SISA KEMARIN

Salah satu teman terbaik; kopi. Dia ga bohong kalau dirinya pahit. Maka dari itu, ga semua orang suka dengan kopi. Tapi ketika lu ketemu dengan kopi yang pas; dijamin ga bakal dikecewain.

Konco kentel

Aldi itu cowo yang foto sambil duduk, sebelah kiri, yang ga pakai topi (persis diatas gua)
Btw, pas di Jogja juga jadi momen perpisahan dengan kawan seperjuangan, anggota keluarga Harkam BEM FT, Aldi, yang alhamdulillah diterima di Kedokteran Unjani. Sedih sih karena kita belum ada satu tahun kerja bareng. Tapi namanya cita-cita harus diperjuangkan, dan sebagai keluarga harus saling support satu sama lain.

Dari travelling kali ini gua belajar bahwa:

Relasi harus dijaga dengan baik. Kalau punya kenalan dijaga, jangan disia-siakan. Karena kita ngga tau, kan, kalau ternyata mungkin kedepannya kita bakal butuh mereka?

Travelling ke daerah baru juga memaksa kita untuk menembus batas normal diri kita. Yang biasanya gua ngerasain panas di Semarang, gua sekarang mencoba untuk melawan rasa dingin yang 3x lipat lebih rendah dari suhu normal di Semarang.

Belajar ikhlas dari hal apapun. Kalau semuanya pengen lo dapetin, kapan lo bisa belajar ikhlas?