Masa Kecilku? Bahagia! Masa Kecilmu?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh!

Kembali lagi bersama gua di blog kesayangan kita semua!

#skip skip..

Kali ini gua mau bahas seputar dunia anak kecil jaman sekarang. Kenapa? Seru aja haha. Oke, gua tinggal di lingkungan komplek perumahan. Ya kalian pasti tau lah perumahan kaya gimana? Mepet-mepet bro! Tapi itu komplek jaman sekarang. Jaman gua dulu, Rumah itu halamannya luas, masih banyak rumput pula. Pohon-pohon juga masih banyak, jadi lumayan adem deh kalau dibandingin sama komplek gua sekarang. Mainan anak generasi '90an juga masih seru. Apa aja coba sebutin!


  • Petak Umpet
  • Engklek
  • Balap Karung
  • Congklak
  • Dampu
  • Takejar (kejar-kejaran)
  • Hong-hongan
  • Yo-yo
  • Peletokan (bambu muda, yang lubangnya dimasukkan kertas basah yang digumpal-gumpal kecil lalu disodok pakai potongan bambu kecil)
  • dll..
Dan menurut gua, yang paling seru itu Petak Umpet. Why? Karena gua lah yang bisa dibilang cukup jago. Apalagi kalau main memang biasanya malam hari. Selain faktor cahaya yang memang kurang, kulit gua juga bisa dibilang 'gelap' dan gua juga biasanya kalau main pakai celana bahan berwarna hitam, baju hitam atau yaa minimal mah gelap lah yaa. Udah deh, ngga akan ketahuan! Haha. Biasanya sih gua ngumpetnya di bawah jembatan, nemplok di tembok yang gelap, atau manjat pohon orang. Mungkin ada sebagian yang masa kecilnya ngga beda jauh sama gua.



Oke itu seputar masa kecil era generasi '90an

Gimana kalau sekarang? Generasi 2000an?? Apakah masih sama permainannya? Maybe, masih ada yang main kayak gitu. But, ngga semua main kayak begituan. Terus? Sisanya main apa dong? Yessh hampir semua orang tau.. GADGET!

Apa yang salah dengan gadget? Sebenarnya sih biasa saja, namun kalau setiap saat megang gadget, apakah itu normal? Sekarang bahkan anak kecil ada yang ngga pernah ngerasain mainan yang gua sebutkan diatas. Haha, kasian mereka. MKKB! Masa Kecil Kurang Bohai. Aduh maap typo. Masa Kecil Kurang Bahagia maksudnya. Maaf typo sekali-kali. He he. Mereka lebih sering main game yang ada di gadget mereka, dibanding merasakan asyiknya bermain di luar bersama kawan-kawan yang seumuran. Padahal, bermain di luar dan/atau memainkan permainan tradisional bisa melatih fisik, kemandirian, bahkan pola pikir anak-anak supaya lebih berkembang.



Biasanya sewaktu SD, gua pun kalau main di luar mulai dari pulang sekolah jam 3 sore sampai sebelum maghrib. Nah, kalau sudah maghrib, gua dan kawan-kawan kembali ke rumah, mandi, dan ke masjid. Abis dari masjid? Biasanya mengaji bersama di gardu/pos ronda dekat rumah. Pembimbingnya biasanya dari bapak-bapak di RT. Kalau sudah mengaji, baru main lagi sampai jam 9 malam. Capek? Iya. Seru? Banget! Tapi sekarang sudah mulai jarang bermain di luar, ya karena berangkat sekolah aja jam 6 pagi, pulang biasanya sampai rumah habis maghrib. Kalau sampai rumah kadang-kadang sudah kecapean.

Lah anak jaman sekarang? Pegangannya gadget meluluuuuu. Apa ga bosen itu main itu-itu aja? Ga perih tuh mata liatin layar aja? Ga pengap tuh main di ruangan terus? Gua aja baru punya hp kelas 5 SD, dan itu hadiah sewaktu sunat, karena memang dilarang keras membeli Play Station -_-

HP Masbro pertamakali

Okay, mungkin ini saatnya bagi kalian untuk memulai merasakan asyiknya dunia luar. Ajak juga adik-adiknya, atau anak-anaknya (yang udah punya aja, jangan anak orang diculik juga) untuk bermain diluar. Selain asyik, bisa hemat dan menyehatkan lho!

Wassalamualaikum..

4 komentar:

  1. Aziz, postingan blognya bagus!
    Keep on posting yaaaa :-)

    BalasHapus
  2. masa kecilku penuh dengan permainan tradisional. jadi teringat masa2 bermain kelereng.

    BalasHapus
  3. kalo aku ingatnya koleksi tazos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seru juga tuh main tazos. Beli ciki cuma buat tazos haha

      Hapus